Kompas.com - 19/12/2013, 15:04 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MANADO, KOMPAS.com — Tujuh hari menjelang Perayaan Natal 2013, harga sejumlah bumbu dapur di Manado melangit.

"Yang sangat terasa cabai merah, naiknya tinggi sekali, ini sudah Rp 70.000 per kilogram padahal sebelumnya hanya Rp 50 ribu per kilogram," keluh Memi, Kamis (19/12/2013), ketika ditemui di Pasar Pinasungkulan Karombasan, Manado.

Hal yang sama terpantau di Pasar Bersehati, yang merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Manado. Cabai merah mulai dijual dengan harga Rp 72.000 per kilogram. "Kalau tomat malah sudah naik 100 persen, dari sebelumnya Rp 6.000 per kilo, sekarang kami menjualnya Rp 12.000," ujar Idris, salah satu pedagang di Pasar Bersehati.

Kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas bawang merah, yang melejit ke harga Rp 44.000 dari sebelumnya Rp 35.000.

Sejumlah ibu rumah tangga yang ditemui mengeluhkan kenaikan harga tersebut. Mereka khawatir dua hari menjelang Natal, harga cabai merah bisa tembus hingga ke Rp 100.000 per kilogram.

Padahal beberapa waktu lalu, dinas terkait dari Pemerintah Provinsi Sulawei Utara dan Pemerintah Kota Manado sudah memperingatkan kepada distibutor dan penjual untuk tidak menaikkan harga terlalu tinggi, tetapi kenyataannya kenaikan tetap terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.