Kompas.com - 20/12/2013, 17:17 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, pelemahan mata uang rupiah saat ini hanya bersifat sementara. Pada kurs tengah BI hari ini, rupiah diperdagangkan Rp 12.245 per dollar AS, sementara kemarin Rp 12.191.

"Kalau melemah itu sifatnya sementara karena akhir tahun ini permintaan dollar AS cukup tinggi oleh korporasi-korporasi yang akan membayar deviden, pinjaman, repatriasi keuntungan, cukup tinggi dibandingkan supply-nya," kata Agus di Kompleks Gedung BI, Jumat (20/12/2013).

Agus memprediksi, setelah melewati akhir tahun, kondisi rupiah akan kembali sehat. Meskipun demikian, lanjutnya, kondisi ini harus dapat diperbaiki, dimulai dengan perbaikan neraca perdagangan dan defisit neraca transaksi berjalan.

Meskipun pelemahan rupiah dinilai sebagai yang terdalam di regional, Agus mengatakan bahwa itu adalah cerminan ekonomi Indonesia. Memang, kata dia, ekspor Indonesia lebih besar dibandingkan impor sehingga harus ada tindakan.

"Tentu BI akan berpartisipasi supaya kita bisa memperbaiki perdagangan dan transaksi berjalan kita. Bukan hanya komoditas-komoditas yang kita defisit, BBM dan energi defisit atau pangan defisi, melainkan juga dari sisi ekspor dan kebutuhan valas dibandingkan supply valas defisit. Jadi, ini tantangan nasional kita," ujarnya.

BI, ungkap Agus, tentu saja akan menanggapi dalam beberapa langkah, seperti bauran kebijakan, menjaga nilai tukar agar menggambarkan nilai fundamental ekonomi, dan kebijakan makroprudensial.

"Kita juga melakukan kerja sama dengan bank sentral di regional, dan kita juga melakukan kegiatan pengendalian likuiditas rupiah dan valas," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.