Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosowa Rampungkan Terminal Elpiji senilai 70 Juta Dollar AS

Kompas.com - 22/12/2013, 17:27 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Grup Energi Bosowa melalui anak usahanya PT Bosowa Duta Energasindo merampungkan pembangunan terminal elpiji di Makassar, Sulawesi Selatan. Terminal elpiji yang menelan biaya 70 dollar AS setara sekitar Rp 857,5 miliar tersebut diresmikan oleh Menteri Perindustrian, MS Hidayat, kemarin Sabtu (21/12/2013).

Chief Executive Officer Bosowa Erwin Aksa menuturkan, terminal ini berkapasitas hingga 10.000 metrik ton gas. Selain itu, terminal dilengkapi fasilitas dermaga dan truk pengangkut yang mampu mendistribusikan elpiji hingga 2.000 metrik ton per hari dan mampu memenuhi kebutuhan elpiji di Sulawesi Selatan hingga 700 metrik ton per hari.

“Kebutuhan energi secara khusus di Sulawesi Selatan seperti gas dan listrik kian meningkat tajam seiring tingginya permintaan konsumsi masyarakat maupun industri. Kebutuhan energi akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Bosowa hadir untuk mengantisipasi itu,” ujar Erwin dalam keterangan resminya.

Hadir juga dalam peresmian tersebut, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Founder Bosowa Aksa Mahmud, Managing Director Bosowa Sadikin Aksa, jajaran direksi dan manajemen Bosowa, serta Muspida Tingkat I Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi, Bosowa juga telah mengoperasikan pembangkit listrik di Jeneponto (Sulsel) melalui PT Bosowa Energy. Perusahaan ini memproduksi listrik berkapasitas 2 x 125 MW. PLTU ini dibangun di atas lahan seluas 1.000 hektare (ha) dan menelan investasi sekitar 350 juta dollar AS. Saat ini, PT Bosowa Energi sedang menjajaki pembangunan PLTU Tahap II berkapasitas 2X125 MW di Jeneponto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com