Natal dan Tahun Baru, Pertamina Jamin Pasokan BBM dan Elpiji Aman

Kompas.com - 23/12/2013, 11:22 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji selama perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014. Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan, pasokan BBM dan elpiji diperhitungkan aman. Saat ini, stok rata-rata BBM nasional berada di level 20 hari.

"Stok premium 17 hari, solar 18 hari, dan avtur 30 hari," ujar Hanung dalam keterangan resminya, Senin (23/12/2013).

Konsumsi premium diperkirakan naik 2,4 persen dari 22 Desember 2013 hingga 8 Januari 2013, menjadi sebesar 82.613 kiloliter per hari. Pada periode sama, konsumsi solar juga diperkirakan naik 2,8 persen, menjadi sebesar 45.230 kiloliter per hari.

Sementara itu, konsumsi avtur diperkirakan melonjak 3,3 persen di atas penyaluran normal, menjadi sebesar 10.700 kiloliter per hari. Pada periode sama, konsumsi elpiji ditaksir naik 4 persen di atas rata-rata pasokan harian normal menjadi 19.200 MT per hari.

"Untuk pengamanan stok BBM dan elpiji selama Natal dan Tahun Baru, Pertamina telah membentuk Posko Satgas BBM dan elpiji di Kantor Pusat dan seluruh kantor region Pertamina," jelas Hanung.

Posko Satgas BBM dan elpiji akan beroperasi aktif terhitung 22 Desember 2013 hingga 8 Januari 2014. Selain menyediakan Posko Satgas, Pertamina juga memastikan terminal BBM dan SPBU beroperasi 24 jam, utamanya di jalur-jalur wisata, atau pusat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pertamina, lanjut Hanung, juga menyiapkan mobil tangki isi BBM stanby di SPBU di jalur rawan kemacetan, menyiapkan contra flow, serta bekerjasama dengan kepolisian untuk antisipasi stagnasi mobilitas mobil tangki BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk melayani konsumen setia BBM non subsidi, Pertamina menyediakan Pertamax dan Pertamax Plus 5,10, dan 20 liter, serta Pertamina-Dex kemasan 10 liter. Produk ini akan didistribusikan ke sekitar 341 SPBU yang belum menjual BBM non subsidi dan 13 kiosk Pertamax," katanya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.