Kompas.com - 23/12/2013, 14:09 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia X, maskapai penerbangan berbiaya hemat jarak jauh yang tergabung dalam afiliasi Grup AirAsia, meneken perjanjian pembelian dengan Airbus untuk pembelian pasti (firm order) sebanyak 25 Airbus A330-300 senilai 6 miliar dollar AS.

Co-Founder and Director AirAsia X Tan Sri’ Tony Fernandes mengatakan, penandatanganan pembelian pasti tersebut, secara langsung akan meningkatkan jumlah pemesanan pesawat AirAsia X meningkat menjadi 51 pesawat ditambah dengan 6 pesawat Airbus A330-300 yang disewa dari International Lease Finance Corporation (ILFC), sehingga angka pemesanan mencapai 57 pesawat sampai dengan 2019.

Tony menyebutkan, pengiriman pesawat Airbus A330-300 tersebut akan dimulai pada 2015 seiring dengan rencana ekspansi maskapai di kawasan Asia Pasifik. Pembelian ini termasuk pemesanan Airbus A330-300 dengan versi jarak tempuh yang lebih panjang.

Dengan demikian, nantinya akan memungkinkan maskapai ini membuka layanan penerbangan non-stop ke benua Eropa maupun penerbangan ke Amerika dengan satu pemberhentian.

Menurut Tony, perusahaan memprediksi potensi pasar yang cukup besar di kawasan Asia Pasifik berdasarkan tingkat penetrasi pasar rendah untuk penerbangan low cost carrier dibawah 4 jam, yakni dibawah 10 persen.

Air Asia memperkirakan jumlah maskapai low cost carrier berbadan besar di kawasan ini mencapai kurang lebih 100 maskapai, apabila pasar meningkat sebesar 35 persen dalam 5 tahun mendatang.

"Pesawat ini nantinya akan mengakomodir rencana ekspansi AirAsia X di Malaysia, Thai AirAsia X di hub Thailand serta di beberapa hub AirAsia X lainnya yang nantinya akan dibentuk di Asia. Perkembangan ini nantinya akan melengkapi visi jangka panjang Grup AirAsia untuk memperkuat posisinya di Asia serta memperkuat konektivitas antara rute jarak pendek dan jarak jauh," ujar Tony dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (23/12/2013).

Tony menambahkan, AirAsia X saat ini mengoperasikan sebanyak 15 Airbus A330-300s yang menghubungkan hub Kuala Lumpur dengan 18 destinasi di Asia, Australia, dan Saudi Arabia. Selain melakukan pemesanan pesawat Airbus A330, maskapai juga telah memesan sebanyak 10 pesawat A350-XW. ( Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.