Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal-Tahun Baru, Pasokan BBM Cukup hingga 17 Hari

Kompas.com - 23/12/2013, 14:58 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggandeng tiga institusi untuk mengamankan pasokan bahan bakr minyak (BBM) selama Natal dan tahun baru.

Menteri ESDM Jero Wacik menyebutkan, tiga pihak yang digandeng itu adalah Pertamina, BPH Migas, dan Hiswana Migas. "Itu 3 pasukan yang bekerja mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan gas," ujarnya di Terminal BBM Plumpang Pertamina, Senin (23/12/2013).

Jero menuturkan, masyarakat yang hendak liburan Natal dan tahun baru tidak perlu khawatir, lantaran pasokan BBM jenis premium cukup untuk 17,95 hari, sedangkan solar tersedia 17,90 hari, dan Pertamax 47,01 hari.

Dia juga menambahkan, pasokan elpiji untuk periode H-3 Natal 2013 hingga H 7 tahun baru 2014 memiliki stok rata-rata 17,17 hari.

Dalam kesempatan sama, Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, menuturkan Pertamina juga telah menambah jam operasi terminal BBM. Seperti menambah terminal BBM yang beroperasi 24 jam untuk daerah Jakarta, yang semula hanya 2 terminal BBM, yakni Plumpang dan Cikampek.

"Mulai tanggal 22 kemarin, layanan akan 24 jam semua. Tanjung Gerem, Cikampek, Padalarang, Ujungbarung, Tasikmalaya, serta Balongan. Kita siagakan 24 jam terminal BBMnya," ujar Ali kepada wartawan.

Untuk kesiapan mobil tangki BBM, Pertamina sudah menyediakan 542 unit mobil tangki untuk region 3, dengan kapasitas total 12.320 kiloliter. Pertamina juga meningkatkan penjualan BBM nonsubsidi di SPBU dalam kemasan 5,10, dan 20 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com