Jelang Natal-Tahun Baru, Pasokan BBM Cukup hingga 17 Hari

Kompas.com - 23/12/2013, 14:58 WIB
Pembeli BBM di SPBU. Blue BirdPembeli BBM di SPBU.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggandeng tiga institusi untuk mengamankan pasokan bahan bakr minyak (BBM) selama Natal dan tahun baru.

Menteri ESDM Jero Wacik menyebutkan, tiga pihak yang digandeng itu adalah Pertamina, BPH Migas, dan Hiswana Migas. "Itu 3 pasukan yang bekerja mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan gas," ujarnya di Terminal BBM Plumpang Pertamina, Senin (23/12/2013).

Jero menuturkan, masyarakat yang hendak liburan Natal dan tahun baru tidak perlu khawatir, lantaran pasokan BBM jenis premium cukup untuk 17,95 hari, sedangkan solar tersedia 17,90 hari, dan Pertamax 47,01 hari.

Dia juga menambahkan, pasokan elpiji untuk periode H-3 Natal 2013 hingga H 7 tahun baru 2014 memiliki stok rata-rata 17,17 hari.

Dalam kesempatan sama, Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, menuturkan Pertamina juga telah menambah jam operasi terminal BBM. Seperti menambah terminal BBM yang beroperasi 24 jam untuk daerah Jakarta, yang semula hanya 2 terminal BBM, yakni Plumpang dan Cikampek.

"Mulai tanggal 22 kemarin, layanan akan 24 jam semua. Tanjung Gerem, Cikampek, Padalarang, Ujungbarung, Tasikmalaya, serta Balongan. Kita siagakan 24 jam terminal BBMnya," ujar Ali kepada wartawan.

Untuk kesiapan mobil tangki BBM, Pertamina sudah menyediakan 542 unit mobil tangki untuk region 3, dengan kapasitas total 12.320 kiloliter. Pertamina juga meningkatkan penjualan BBM nonsubsidi di SPBU dalam kemasan 5,10, dan 20 liter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X