Tahun Depan KSEI Permudah Pembukaan Sub Rekening Efek

Kompas.com - 30/12/2013, 21:27 WIB
Ilustrasi aktivitas di bursa saham.  KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi aktivitas di bursa saham.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan mempercepat proses pembukaan Sub Rekening Efek agar investor baru dapat lebih cepat melakukan transaksi di pasar modal Indonesia.

Direktur Utama KSEI Heri Sunaryadi mengatakan mulai 27 Desember 2013 telah diimplementasikan modul Statistik Data Investor (SDI) dalam sistem C-BEST. Dengan modul ini pemegang rekening KSEI, yakni perusahaan efek dan bank kustodian dimungkinkan secara langsung melakukan administrasi Sub Rekening Efek.

Khusus untuk nasabah individu domestik, adanya modul ini membuat proses pembukaan Sub Rekening Efek bagi investor baru akan semakin cepat.

"Dahulu investor baru harus menunggu sekitar 2 hari untuk proses pembukaan Sub Rekening Efek. Dengan modul ini, untuk investor individu domestik, asalkan datanya lengkap diisi sesuai ketentuan yang berlaku maka begitu instruksi disampaikan ke sistem C-BEST secara langsung sistem akan membuatkan Sub Rekening Efek dan nomor SID bagi nasabah terkait," kata Heri di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (30/12/2013).

Heri menyatakan bila pembukaan Sub Rekening Efek dan pembuataan SID berlangsung cepat, diharapkan proses pembukaan Rekening Dana Nasabah di bank juga dapat dipercepat, sehingga investor tak perlu menunggu lama untuk dapat melakukan transaksi di BEI.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X