Wapres Klaim Proyek Infrastruktur Sebagian Besar Rampung pada 2014

Kompas.com - 02/01/2014, 12:59 WIB
Ilustrasi pembangunan infrastruktur di Jakarta KONTAN/BaihakiIlustrasi pembangunan infrastruktur di Jakarta
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Boediono mengatakan proyek-proyek infrastruktur akan selesai dan mulai beroperasi pada tahun 2014 ini. Proyek-proyek infrastuktur tersebut diyakininya dapat menyokong perekonomian Indonesia.

"Pada tahun 2014 nanti sejumlah proyek infrastruktur penting itu akan selesai, akan mulai beroperasi. Tentu ini hasil kerja dari beberapa waktu sebelumnya," kata Boediono pada pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia, Kamis (2/1/2014).

Adapun proyek-proyek infrastruktur tersebut antara lain proyek bandar udara, jalan tol dan pelabuhan di seluruh Indonesia. Boediono menyebut pula proyek pembangkit listrik.

"Ada Bandara Ngurah Rai, kemudian di Balikpapan, Kualanamu, Surabaya akan segera beroperasi. Saya tahu ada banyak komplain di bandara yang sangat padat seperti Soekarno-Hatta. Tapi ini menunjukkan permintaan transportasi udara naiknya luar biasa tiap tahun," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, proyek infrastruktur jalan tol yang akan dioperasikan tahun ini adalah jalan tol bandara Kualanamu di Sumatra Utara. Selain itu, jalur kereta api rel ganda (double track) rute Jakarta-Surabaya.

"Ini akan sangat membantu menurunkan biaya transportasi barang dan mengurangi beban pada jalan-jalan raya dan kecelakaan. Diharapkan memperlancar arus distribusi barang, terutama bahan pangan," ungkapnya.

Adapun proyek pelabuhan yang akan beroperasi tahun ini dapat meringankan kepadatan pelabuhan-pelabuhan penting yang telah ada, seperti Tanjung Priok di Jakarta dan Tanjung Perak di Surabaya.

"Pelabuhan New Priok di Kali Baru akan mengurangi beban Tanjung Priok, Teluk Lamong akan beroperasi 2014 untuk meringankan Tanjung Perak," jelas Boediono.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X