Unik, Kolam Renang Berfungsi Sebagai Kanopi!

Kompas.com - 04/01/2014, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Uang tidak mampu membeli segalanya, namun setidaknya uang bisa membiayai inovasi dan ide-ide segar seperti yang dilakukan oleh Wiel Arets Architects.

Perusahaan arsitektur dari Belanda tersebut membangun rumah tinggal di Los Monteros, Marbella, Spanyol. Lokasinya yang tidak jauh dari tepi laut membuat rumah ini memiliki pemandangan luar biasa.

Namun, tidak hanya itu saja. Wiel Arets Architects juga memberikan fitur unik berupa kolam renang "gantung" di rumah ini. Kolam tersebut berada di atap yang sekaligus berfungsi sebagai kanopi bagi lantai dasar rumah bernama "Jellyfish House".

Rumah tiga lantai ini berukuran 650 m2 dan memiliki lima kamar tidur yang tersebar di lantai dasar dan lantai pertama. Di lantai dasar terdapat dua kamar tidur, sementara satu kamar tidur utama berada di atasnya. Di lantai tersebut juga terdapat satu kamar mandi yang dapat digunakan bersama. Selain itu, dua kamar tidur tamu bisa ditemukan pada lantai yang sebagian berada di lantai bawah tanah.

"Rumah ini diatur di sekeliling dua jalur sirkulasi, jalur cepat dan lambat yang terdiri dari banyak tangga dan mengitari empat level rumah. Sebuah tangga bisa menjadi akses cepat dari eksterior mencapai atap, dikelilingi dengan kaca, yang secara fisik memisahkannya dari interior namun membuka rumah pada elemen eksterior," ujar Wiel Arets. Akses cepat dari luar membuat pasir tidak perlu mengotori interior rumah. 
 
Satu-satunya fitur yang menjadi daya tarik rumah ini adalah kolam renang unik yang berada di atap rumah tersebut. Menggantung sekitar sembilan meter dari permukaan tanah, siapa pun yang menghabiskan waktu di kolam tersebut dapat menikmati pemandangan istimewa dari pegunungan Sierra Blanca di kejauhan. Selain itu, kolam renang berkonsep infinity tersebut  memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menikmati pemandangan laut.
 
Kolam ini mampu menahan beban seberat hampir 60.000 kilogram dan terbuat dari kaca setebal 6 cm. Siapa pun yang berada di dapur dan ruang tamu bisa melihat penghuni atau tamu berenang di atas kepala mereka.
 
"Mengambil keuntungan penuh dari matahari Spanyol yang selalu bersinar, 'Jellyfish House' merupakan eksperi avant-garde dari gaya hidup mewah," ujar sang desainer. "Mayoritas fasad bisa dibuka dan karena tangga umumnya berada di luar ruangan, batasan rumah yang selalu berubah antara interior dan eksterior menjadi kabur," tandas sang desainer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X