Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Aturan Baru Lot Saham di BEI Mulai Berlaku

Kompas.com - 06/01/2014, 08:35 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan perubahan satuan perdagangan dan fraksi harga di Bursa Efek Indonesia mulai berlaku pada Senin (6/1/2014) ini. Otoritas bursa sudah melakukan uji coba terakhir di akhir pekan lalu.

Perubahan lot menerangkan jumlah saham dari 500 lembar menjadi 100 lembar saham per lot. Sementara perubahan fraksi harga baru terdiri dari tiga kelompok harga, yakni kurang dari Rp 500; Rp 500 hingga kurang dari Rp 5.000 dan ketiga lebih dari Rp 5.000 dengan pergerakan harga maksimal Rp 20, Rp 100 dan Rp 500.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota BEI Samsul Hidayat, di akhir pekan lalu, memastikan aturan baru tersebut akan efektif pada 6 Januari 2014. Dijelaskan, seluruh Anggota Bursa (AB) sudah setuju dan siap dengan perubahan aturan baru tersebut.

"Sudah kami sosialisasikan, termasuk iklan di berbagai media. Sudah beriklan di tiga koran selama 6 hari berturut-turut," kata Samsul.

Otoritas BEI berharap perubahan peraturan tersebut dapat menjadikan pasar modal Indonesia lebih likuid. Dengan jumlah lot yang semakin kecil, memungkinkan investor ritel bisa ikut masuk berinvestasi di pasar modal.

Peningkatan likuiditas pun diharapkan menambah ketahanan pasar dalam negeri terhadap kemungkinan krisis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com