Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Tak Banyak Pengaruhi Inflasi

Kompas.com - 06/01/2014, 16:33 WIB
Ilustrasi KOMPAS/YULVIANUS HARJONOIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengatakan kenaikan harga gas elpiji 12 kg diyakininya tidak akan memberi pengaruh besar terhadap inflasi. Kalaupun berdampak kepada inflasi, Chatib memperkirakan efek kenaikan inflasi berkisar 0,13 persen.

"Efek inflasinya 0,13 persen. Kalau tadi naiknya Rp 1.000 itu tadinya naik Rp 4.000 ya berarti efek inflasinya jauh lebih rendah dari 0,13 persen. Sehingga kalau kenaikan harga sih enggak ada pengaruhnya, apalagi kalau betul kenaikannya Rp 1.000 itu ya," kata Chatib ketika ditemui di kantornya, Senin (6/1/2014).

Lebih lanjut, Chatib menjelaskan subsidi hanya diberlakukan bagi gas elpiji ukuran 3 kg, sementara gas elpiji ukuran 12 kilogram tidak disubsidi.

"Jumlahnya hanya 17 persen dari total. Jadi yang paling besar dari elpiji itu adalah bagian yang disubsidi, yang 3 kg yang mencapai 83 persen, sedangkan 17 persen itu adalah barang yang tidak disubsidi, jumlahnya kecil," ujar dia.

Mengenai harga gas elpiji, Chatib mengatakan tentu saja hal itu merupakan keputusan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Pertamina Tbk. Menurut undang-undang, keputusan tertinggi korporasi ada di tangan RUPS.

"RUPS yang berhak memutuskan untuk menaikkan atau menurunkan harga. Pemerintah tidak menanggung rugi. Pertamina (yang menanggung). Pemerintah masak kasih uang ke korporasi?" kata Chatib. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X