Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Beralih ke Gas 3 Kg, Ada Potensi Subsidi Membengkak

Kompas.com - 07/01/2014, 04:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Keuangan mengakui bahwa kenaikan harga gas di tabung ukuran 12 kilogram berpotensi membuat konsumen beralih ke gas di tabung 3 kilogram yang bersubsidi. Meski demikian, pemerintah tak berencana memberikan subsidi selain ke gas dengan ukuran tabung 3 kilogram.

"Kami tahunya ada potensi (peralihan pilihan gas konsumen)," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (6/1/2014). Bila peralihan benar-benar terjadi, dia tak memungkiri ada konsekuensi bertambahnya alokasi subsidi untuk gas.

Pada 2014, alokasi subsidi untuk gas tabung 3 kilogram mencapai Rp 40 triliun. "Di lapangan yang ada shifting, nanti kami usulkan untuk ditambahkan (alokasi subsidi). (Ini karena) konsekuesinya elpiji 3 kilogram harus kami penuhi subsidinya," ujar Askolani.

Kalaupun fenomena peralihan konsumen dari gas ukuran 12 kilogram ke 3 kilogram terjadi, Askolani memastikan bahwa pemerintah tak akan memberikan subsidi untuk mengurangi harga gas ukuran 12 kilogram. Dia berpendapat, gas ukuran tabung 12 kilogram untuk kelompok masyarakat menengah yang seharusnya tak lagi butuh subsidi.

"Kalau (gas di tabung ukuran 12 kilogram) disubsidi, arahnya kurang tepat. Mengapa? Karena di Undang-Undang Energi itu kan yang menggunakan subsidi itu kelompok menengah ke bawah. Jadi prinsipnya tak akan sejalan," tutur Askolani.

Menteri Keuangan Chatib Basri menegaskan pula bahwa subsidi hanya diberikan untuk gas di tabung ukuran 3 kilogram. Dia pun mengatakan, penentuan harga untuk gas di tabung ukuran 12 kilogram ada di PT Pertamina, bukan pemerintah.

Chatib mengatakan, saat ini konsumsi gas di tabung ukuran 3 kilogram memiliki porsi 83 persen konsumsi gas nasional. "Yang paling besar dari (konsumsi) elpiji itu adalah bagian yang disubsidi, yang 3 kilogram. Itu 83 persen. (Sementara itu, yang) 17 persen itu tidak disubsidi (yakni gas ukuran 12 kilogram)," papar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com