Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitch Ganjar Obligasi Global Indonesia "BBB-"

Kompas.com - 07/01/2014, 13:23 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menetapkan obligasi global pemerintah yang berdenominasi dollar AS yang jatuh tempo pada 2024-2044 di level BBB -.

Menurut Fitch, peringkat tersebut mencerminkan sejumlah aspek, seperti halnya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dari negara berkembang lainnya. Selain itu, rating tersebut juga merefleksikan defisit fiskal telah melebar namun tetap di bawah kontrol.

"Bagaimanapun, defisitnya neraca transaksi berjalan dalam beberapa tahun terakhir membuat Indonesia rentan terhadap sentimen investor internasional dan arus keluar modal secara tiba-tiba," tulis Fitch, Selasa (7/1/2014).

Lembaga itu menilai sejauh ini pemerintah Indonesia telah berhasil mengurangi dampak negatif akibat tapering off stimulus ekonomi oleh bank sentral AS. DI sisi lain, Bank Indonesia juga berupaya meningkatkan cadangan devisa.

Akan tetapi, sejumlah kelemahan juga diungkapkan oleh lembaga tersebut, yaitu lingkungan bisnis yang kurang kondusif, infrastruktur yang buruk, pemerintahan yang lemah dan korupsi yang menggurita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com