Fitch Ganjar Obligasi Global Indonesia "BBB-"

Kompas.com - 07/01/2014, 13:23 WIB
Ilustrasi dollar AS SHUTTERSTOCKIlustrasi dollar AS
EditorBambang Priyo Jatmiko

HONG KONG, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings menetapkan obligasi global pemerintah yang berdenominasi dollar AS yang jatuh tempo pada 2024-2044 di level BBB -.

Menurut Fitch, peringkat tersebut mencerminkan sejumlah aspek, seperti halnya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dari negara berkembang lainnya. Selain itu, rating tersebut juga merefleksikan defisit fiskal telah melebar namun tetap di bawah kontrol.

"Bagaimanapun, defisitnya neraca transaksi berjalan dalam beberapa tahun terakhir membuat Indonesia rentan terhadap sentimen investor internasional dan arus keluar modal secara tiba-tiba," tulis Fitch, Selasa (7/1/2014).

Lembaga itu menilai sejauh ini pemerintah Indonesia telah berhasil mengurangi dampak negatif akibat tapering off stimulus ekonomi oleh bank sentral AS. DI sisi lain, Bank Indonesia juga berupaya meningkatkan cadangan devisa.

Akan tetapi, sejumlah kelemahan juga diungkapkan oleh lembaga tersebut, yaitu lingkungan bisnis yang kurang kondusif, infrastruktur yang buruk, pemerintahan yang lemah dan korupsi yang menggurita.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X