Implementasi UU Minerba Bisa Jadikan RI Negara Industri bisa Terujud

Kompas.com - 07/01/2014, 16:03 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Implementasi UU No.4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (minerba) mutlak dijalankan.

Direktur Eksekutif Indonesia Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, jika aturan minerba berjalan, hal itu akan menghasilkan nilai tambah yang sangat signifikan. Nilai tambah itu, sebut Marwan, bukan hanya soal dari bijih mineral mentah berubah menjadi mineral olahan, namun juga penyerapan tenaga kerja karena pembangunan pabrik pemurnian bijih mineral (smelter) saja.

"Contohnya bauksit diolah menjadi alumina. Alumina diproses oleh Inalum, jadi aluminium. Kalau itu diproses lebih lanjut jadi komposit, itu bisa untuk kegiatan industri. Misalnya, 40-50 persen komponen motor pakai hasil industri ini, jadi tidak lagi kita impor," kata dia, di Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Lebih lanjut ia mengatakan, pertumbuhan industri hilir mendorong penyerapan tenaga kerja. Dengan demikian, daya beli meningkat yang ujung-ujungnya akan mengerek gross domestic product (GDP).

GPD yang naik imbuh Marwan, akan menambah penerimaan negara dari pajak, yang akhirnya akan bagus juga untuk mendongkrak APBN. Anggaran APBN jika diserap dan dijalankan dengan benar, dapat dirasakan manfaatnya untuk seluruh lapisan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.