Menhub: Jakarta Harus Dilayani Lebih dari Satu Bandara

Kompas.com - 08/01/2014, 15:07 WIB
Ilustrasi bandara KOMPAS/IWAN SETIYAWANIlustrasi bandara
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Halim Perdanakusumah secara resmi akan melayani penerbangan komersil domestik pada Jumat, (10/1/2014) mendatang. Diharapkan bandara tersebut dapat mengurai kepadatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta yang selama ini terjadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengatakan pengoperasian Bandara Halim Perdanakusumah telah siap dilaksanakan lantaran segala fasilitas pendukung dinilai telah siap menyangga pengoperasiannya.

"Sekitar 10 sampai 11 persen penerbangan di Soekarno-Hatta dialihkan ke Halim Perdanakusumah. Insya Allah agak longgar di Soekarno-Hatta tanpa menambah penerbangan lagi," kata Mangindaan saat meninjau kesiapan Bandara Halim Perdanakusumah, Rabu (8/1/2014).

Mangindaan mengungkapkan untuk meningkatkan kapasitas Bandara Soekarno-Hatta, pada tahun 2015 mendatang Terminal 3 telah rampung dibangun dan siap digunakan. Masalah kepadatan diakuinya memang suatu hal yang sering dialami dan dikeluhkan di Cengkareng.

"Crowded yang sering kita alami terutama delay, saya mohon maaf karena banyak penerbangan yang perlu diawasi. Dengan Terminal 3 selesai, maka akan longgar dan mudah-mudahan delay bisa kita kurangi," ujar Mangindaan.

Lebih lanjut, Mangindaan mengaku untuk kota besar seperti Jakarta, memang sudah sepatutnya memiliki lebih dari satu bandara untuk melayani penumpang. Ini, kata dia, memang konsekuensi maju kembangnya moda transportasi udara.

"Itu memang hal yang wajar. Di kota-kota besar dunia punya lebih dari 1 bandara. New York punya dua, London punya dua, Amsterdam juga punya dua bandara," kata Mangindaan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X