Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Jakarta Harus Dilayani Lebih dari Satu Bandara

Kompas.com - 08/01/2014, 15:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Halim Perdanakusumah secara resmi akan melayani penerbangan komersil domestik pada Jumat, (10/1/2014) mendatang. Diharapkan bandara tersebut dapat mengurai kepadatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta yang selama ini terjadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan mengatakan pengoperasian Bandara Halim Perdanakusumah telah siap dilaksanakan lantaran segala fasilitas pendukung dinilai telah siap menyangga pengoperasiannya.

"Sekitar 10 sampai 11 persen penerbangan di Soekarno-Hatta dialihkan ke Halim Perdanakusumah. Insya Allah agak longgar di Soekarno-Hatta tanpa menambah penerbangan lagi," kata Mangindaan saat meninjau kesiapan Bandara Halim Perdanakusumah, Rabu (8/1/2014).

Mangindaan mengungkapkan untuk meningkatkan kapasitas Bandara Soekarno-Hatta, pada tahun 2015 mendatang Terminal 3 telah rampung dibangun dan siap digunakan. Masalah kepadatan diakuinya memang suatu hal yang sering dialami dan dikeluhkan di Cengkareng.

"Crowded yang sering kita alami terutama delay, saya mohon maaf karena banyak penerbangan yang perlu diawasi. Dengan Terminal 3 selesai, maka akan longgar dan mudah-mudahan delay bisa kita kurangi," ujar Mangindaan.

Lebih lanjut, Mangindaan mengaku untuk kota besar seperti Jakarta, memang sudah sepatutnya memiliki lebih dari satu bandara untuk melayani penumpang. Ini, kata dia, memang konsekuensi maju kembangnya moda transportasi udara.

"Itu memang hal yang wajar. Di kota-kota besar dunia punya lebih dari 1 bandara. New York punya dua, London punya dua, Amsterdam juga punya dua bandara," kata Mangindaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com