Kompas.com - 10/01/2014, 17:08 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemanfaatan gas bumi sebagai bahan bakar masyarakat akan mendorong efisiensi APBN, lantaran harga gas ini jauh lebih murah ketimbang bahan bakar minyak.

Membengkaknya subsidi tersebut terlihat dari catatan Kementerian Keuangan yang hingga akhir 2013 realisasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) melebihi dari pagu anggaran dan menembus 105,1 persen.

Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Hendi P. Santoso menyatakan pihaknya akan terus mendorong pemanfaatan gas bumi sebagai alternatif bahan bakar di luar BBM. Salah satu yang dilakukan adalah memperbanyak pembangunan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG).

Untuk mendukung pengemangan SPBG itu, PGN berencana menyiapkan dana investasi senilai Rp 260 miliar. Dana itu digunakan untuk membangun 16 SPBG.

"Kami mendorong masyarakat melakukan penghematan bahan bakar dengan menggunakan gas, yang lebih ekonomis, aman, ramah lingkungan," jelasnya.

Terkait dengan membengkaknya subsidi, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani sebelumnya menjelaskan subsidi BBM per akhir tahun 2013 lalu menyedot dana hingga Rp 210 triliun.

Jumlah itu melonjak 105,1 persen melampaui pagu APBN-P 2013 yang ditargetkan sebesar Rp 199 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.