Satu Karyawan Pajak Ini Pegang 20.000 Toko di Tanah Abang

Kompas.com - 11/01/2014, 12:06 WIB
Dirjen Pajak, Fuad Rachmany KOMPAS.com/Icha RastikaDirjen Pajak, Fuad Rachmany
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen Pajak Fuad Rahmany memberikan apresiasi kepada salah satu pegawai pajak, Merri Trisna yang selama ini harus bertanggung jawab terhadap 20.000 toko di kawasan Tanah Abang.

Dalam sebuah diskusi perpajakan, di Jakarta, Sabtu (11/1/2014), Fuad Rahmany mengaku tak sanggup, jika melakukan pekerjaan seperti Merri. "Dia harus berkeliling di situ, di Blok A, Blok B, Blok C. Dapatnya kurang lebih 200 toko. Saya apresiasi sekali. Mungkin kalau saya jadi Merri, saya tidak sanggup," ujar Fuad.

Bukan berlebihan kiranya jika Fuad terus mengeluhkan kurangnya karyawan DJP. Di Tanah Abang ini saja buktinya, sebuah pusat perbelanjaan di tengah ibukota, hanya ada tiga orang karyawan termasuk seorang account representative (AR), si Merri.

"Orang bilang gimana sih ini DJP tidak mencapai target penerimaan pajak. DJP itu hanya punya 6.285 AR yang harus kita bagi-bagi ke seluruh Indonesia," jelasnya.

Asal tahu saja, di Tanah Abang saja, ada sekitar 20.000 toko potensial pajak. Fuad memperkirakan dalam sehari rata-rata omzet satu toko Rp 20 juta. Artinya, lokasi tersebut memiliki potensi pajak yang besar.

Sektor nontradable inilah yang sebut Fuad menjadi salah satu titik kelemahan DPJ. Hal itu lantaran, pelaku ekonomi domestik seperti ritel dan perdagangan yang jumlahnya jutaan, membutuhkan banyak petugas pajak yang bertugas mengingatkan para wajib pajak.

"Makanya kenapa 3 tahun ini saya fokus ke lapangan, eksekusi. Karena itu yang menyebabkan tax coverage rendah. AR kita cuma 6.000an sementara potensi pajak luar biasa besar," pungkasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.