IHSG Coba Pertahankan Daya Kenaikan di Hari "Terjepit"

Kompas.com - 13/01/2014, 08:17 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan akan diuji kekuatannya di awal pekan ini, Senin (13/1/2014).

Indeks mencoba mempertahankan daya kenaikan di hari "terjepit", yakni pascalibur akhir pekan dan menjelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW. Sentimen positif dari bursa global diperoleh di akhir pekan lalu di mana bursa Wall Street berakhir variatif naik.

Pada perdagangan Jumat (10/1/2014), indeks Dow Jones Industrial Average turun 7,71 poin (0,05 persen) ke level 16.437,05. Indeks S&P500 menguat 4,24 poin (0,23 persen) ke level 1.842,37.

Sementara indeks Komposit Nasdaq naik 18,47 poin (0,44 persen) ke level 4.174,66. Data termutakhir tentang ketenagakerjaan di AS masih belum meyakinkan sehingga menimbulkan spekulasi penarikan stimulus moneter The Fed menjadi belum pasti.

IHSG sendiri menutup pekan lalu dengan kenaikan 58 poin (1,28 persen) ke level 4.257,97. Pelaku pasar masih memanfaatkan rendahnya harga sejumlah saham untuk kembali mengkoleksi sehingga terjadi aksi beli dan berimbas pada kenaikan IHSG.

Selain itu, laju penguatan IHSG juga ditopang oleh membaiknya laju nilai tukar Rupiah, kembalinya asing nett buy, dan menguatnya beberapa indeks saham utama regional.

IHSG melemah tipis sepanjang sepekan kemarin. Di pekan kedua di tahun yang baru ini, laju IHSG kembali variatif. Padahal di awal tahun, menurut riset Trust Securities, laju IHSG sudah baik dimana bergerak menguat namun, karena laju bursa saham global mulai terkena profit taking pascamengalami reli jelang akhir tahun maka IHSG pun ikut terkena dampaknya.

Riset Asjaya Indosurya Securities memerkirakan rentang IHSG hari ini di 4.247–4.314. Setelah berhasil menembus beberapa resistance, dan berhasil menembus middleband (part of bollingerband), IHSG mengumandangkan kenaikan lanjutan menuju resistance terdekat pada 4.274 masih akan terbuka cukup lebar.

Setelah itu tinggal melanjutkan ke level 4.327, sebagai resistence berikutnya dan jika mampu di tembus maka bisa dikatakan IHSG sedang menjalani pole uptrend minor.

Support IHSG saat ini ada di level 4.189. Saham-saham pilihan hari ini adalah PGAS, KAEF, SMMT, AKRA, CMNP, BBCA, BBNI, ASII dan UNTR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.