SBY: Wirausahawan Adalah Pahlawan

Kompas.com - 15/01/2014, 12:50 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono KOMPAS.com/INDRA AKUNTONOSusilo Bambang Yudhoyono
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk terus mengembangkan kewirausahaan dan wirausaha teknologi (entrepreneurship dan technopreneurship).

Wirausahawan, kata SBY, diibaratkan sebagai pahlawan. "Saya gembira hari ini karena para wirausahawan adalah pahlawan. Pahlawan bisnis, ekonomi, dan pembangunan. Wirausahawan itu bukan hanya mencari dan menunggu peluang. Mereka menciptakan peluang," kata SBY pada acara Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Young Technopreneur 2014 di Istora Senayan, Rabu (15/1/2014).

Lebih lanjut SBY menjelaskan, jalan untuk menjadi wirausaha sukses dan tangguh tidaklah mudah. Seorang wirausahawan, kata dia, memiliki ide, inovatif, kreatif, dan menyenangi terobosan.

"Ia berani melakukan hal baru, tidak pasif, sabar, ulet, dan pantang menyerah. Para wirausahawan siap gagal tetapi mencoba lagi dan tidak mencari jalan pintas. Itulah para entrepreneur dan technopreneur," ujar SBY.

Dalam berwirausaha bagus untuk memiliki ambisi yang tinggi. Akan tetapi, SBY menjelaskan tidak baik bila ambisi tinggi tidak disertai kemauan untuk bekerja dengan baik.

"Saya ingin para pengusaha muda agar kewirausahaan terus tumbuh dan berkembang. Kalau ekonomi dan bisnis terus tumbuh maka yang tadinya menganggur dapat bekerja," kata SBY.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X