Pemegang Saham Restui BTPN Akuisisi Bank Sahabat Purba

Kompas.com - 20/01/2014, 14:31 WIB
Ilustrasi Josephus PrimusIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) hari ini (20/1/2014) memutuskan untuk menyetujui kebijakan akuisisi terhadap Bank Sahabat Purba Danarta (Bank Sahabat).

Selain itu, RUPSLB juga menyetujui spin off terhadap Unit Usaha Syariah (UUS) BTPN menjadi Bank Umum Syariah (BUS) BTPN Syariah.

Kepastian ini disampaikan oleh Anika Faisal, Direktur Kepatuhan Bank BTPN dalam Konferensi Pers di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Dengan demikian, akuisisi Bank Sahabat oleh BTPN segera dilakukan dengan nilai Rp 600 miliar. Izin akuisisi sendiri sudah dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) tahun lalu.

"Setelah RUPSLB hari ini, langkah kami menunggu regulator Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menerbitkan izin konversi Bank Sahabat dari bank konvensional menjadi BUS. Kami juga sedang memproses izin spin off UUS BTPN," kata Anika. Ia memperkirakan proses ini keseluruhannya akan selesai di Semester I tahun ini.

Dengan kepastian akuisisi ini, komposisi kepemilikan saham Bank Sahabat yang kelak menjadi BTPN Syariah adalah: 70 persen saham milik BTPN, 28,59 persen saham milik Triputra Persada Rahmat, dan 1,41 persen milik Yayasan Sahabat Purba Danarta. (Adhitya Himawan)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Kontan
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X