Banjir, Pasokan Beras di Pasar Induk Cipinang Berkurang

Kompas.com - 20/01/2014, 15:30 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan, dalam beberapa hari terakhir pasokan beras yang masuk ke pasar induk Cipinang berkurang dibanding hari-hari normal.

Kendati demikian, ia memastikan stok di pasar itu masih mencukupi kebutuhan Jabodetabek dan wilayah lain hingga 12 hari ke depan. “Normalnya, pasokan beras ke Pasar Induk Cipinang 2.500-3.000 ton per hari. Tapi dalam beberapa hari terakhir pasokan turun di kisaran 2.000-2.100 ton per hari,” kata Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (20/1/2014).

Turunnya pasokan beras yang masuk ke pasar itu, lanjut Bayu, disebabkan gangguan distribusi karena banjir yang terjadi di Karawang, juga Cirebon. Namun, stok di Pasar Induk Cipinang hingga hari ini masih sekitar 32.700 ton.

Jumlah ini kata Bayu, cukup untuk memenuhi wilayah-wilayah yang selama ini dipasok oleh Pasar Induk Cipinang sampai 12 hari ke depan.

“Hari ini saja, Senin sampai jam 10.00 wib tadi sudah masuk tambahan 550 ton. Sehingga kita perkirakan sampai sore dan malam nanti, mudah-mudahan pasokan masuk tak lebih rendah dari 2000 ton. Stok 12 hari masih aman, dan itu ditunjukkan dengan tidak adanya kenaikan harga yang berarti untuk beras,” jelasnya.

Kebutuhan pokok di luar beras masih terbilang stabil. Kalaupun ada pergerakan, kata Bayu, dalam sepekan terakhir hanya di kisaran satu hingga tiga persen. Hal itu dikarenakan cuaca dan distribusi.

Ia menyebutkan, suplai bahan kebutuhan pokok yang masuk ke Jakarta umumnya dari Jawa Barat yakni, Cianjur, Garut, Sukabumi, Bandung, dan beberapa dari Sumatera lewat Lampung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.