Tigerair Mandala Gandeng Cebu Pacific untuk Perluas Jaringan

Kompas.com - 20/01/2014, 17:09 WIB
Airbus A320 milik Tigerair Mandala Airlines saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNAAirbus A320 milik Tigerair Mandala Airlines saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Tigerair Mandala memperluas jaringannya sebagai hasil kesepakatan aliansi strategis yang dijalin bersama Cebu Pacific, maskapai penerbangan murah terbesar di Filipina.

Kedua maskapai ini akan berkolaborasi dalam hal komersial dan operasional untuk seluruh rute penerbangan internasional dan domestik dari Filipina, sehingga menciptakan jaringan penerbangan terbesar di daerah tersebut.

Aliansi ini memungkinkan kedua maskapai saling memanfaatkan kelebihan masing-masing serta bersinergi untuk memperluas jangkauan jaringan, frekuensi penerbangan dan customer service melalui perjanjian antar maskapai.

"Tigerair Mandala menyambut baik aliansi strategis yang terjalin antara Tigerair Group dan Cebu Pacific," ujar Presiden Direktur Tigerair Mandala, Paul Rombeek di Jakarta, Senin (20/1/2014).

Dikatakannya, aliansi ini memberikan keuntungan dalam memperluas jaringan di Asia. Hal ini akan semakin terlihat setelah diberlakukannya ASEAN Economic Community 2015, yang diprediksi akan meningkatkan jumlah penumpang pesawat udara di seluruh negara ASEAN, termasuk Indonesia dan Filipina.

Group CEO Tigerair, Koay Peng Yen, mengatakan, Tigerair dan Cebu Pacific berbagi visi dalam menggabungkan serta menciptakan jaringan maskapai terbesar di Asia.

"Kami juga berharap akan ada penghematan biaya operasional dengan jaringan yang terkoordinasi agar dapat memberikan lebih banyak lagi pilihan perjalanan dengan kenyamanan tinggi bagi penumpang kami," katanya.

Presiden dan CEO Cebu Pacific, Lance Gokongwei, menambahkan, aliansi strategis ini memungkinkan Cebu Pacific dan Tigerair Group untuk meningkatkan jaringan yang lebih luas, mulai dari Asia Utara, ASEAN, Australia, India, hingga ke Timur Tengah.

"Kolaborasi ini akan memudahkan orang Filipina untuk bepergian di Asia dan membuka akses kepada orang-orang di Asia untuk mengunjungi berbagai destinasi di Filipina," katanya.

Tigerair Mandala juga memperkenalkan beragam layanan baru bagi penumpang setianya. Layanan baru pertama adalah “Tiger Xpress”, hanya dengan Rp 50.000 penumpang akan dengan mudah melakukan check-in tanpa harus mengantre dan juga mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam pesawat lebih dahulu dari penumpang lainnya. (Eko Sutriyanto)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X