Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, Harga Ikan dan Sayur Merangkak Naik

Kompas.com - 20/01/2014, 18:04 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini menyebabkan harga pangan, utamanya ikan dan hortikultura atau sayur-mayur menjadi mahal.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi menuturkan, produk hortikultura yang mudah busuk sangat terganggu distribusi akibat banjir. Sementara itu, gelombang tinggi yang terjadi di beberapa wilayah perairan tangkap di Indonesia membuat nelayan enggan melaut. Ini yang menyebabkan harga ikan menjadi mahal.

“Di Jakarta relatif stabil, pergerakan harga satu sampai tiga persen dalam sepekan. Surabaya, yang naik tiga hingga lima persen dalam sepekan terakhir adalah hortikultura, produk mudah busuk seperti cabai, sayur, dan telur,” kata Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Senin (20/1/2014).

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara khusus memberikan dukungan distribusi bagi kebutuhan pokok. Jika dibutuhkan, pemerintah bakal menyediakan alat angkut.

Sementara itu di Medan, terjadi kenaikan harga ikan sebesar 8 persen, akibat gelombang besar. Harga hortikultura dan ikan di Manado, daerah yang juga mengalami bencana banjir, juga naik.

“Untuk kebutuhan harga pangan segar mengalami kenaikan harga. Kami belum dapat catatan resmi. Utamanya karena sentra produksi sayur di Tomohon, dan kemarin putus jalannya karena longsor, jadi ada hambatan pasokan sayur. Sementara Bitung sebagai sentra produksi ikan, terjadi kenaikan harga karena gelombang tinggi,” jelasnya.

Harga ikan di Kupang naik lima persen, akibat gelombang besar. Namun, untuk sayur-mayur tidak terjadi kenaikan signifikan, karena tidak ada banjir. Sementara itu, Pontianak dan Samarinda juga mengalami kenaikan harga hortikultura dan ikan, akibat cuaca buruk. Adapun harga sayur-mayur di Makasar dan Ambon masih stabil.

Pemerintah daerah mengantisipasi cuaca buruk dengan menyetok lebih banyak barang-barang kebutuhan. “Menariknya, di Palembang ini ada anomali, karena dalam sepekan hingga 10 hari terakhir ada penurunan harga untuk horti, dan daging sapi, turun sekitar 10-15 persen,” pungkas Bayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com