BPK Awasi Penyaluran Beasiswa Bagi 12,6 Juta Siswa Miskin

Kompas.com - 21/01/2014, 13:55 WIB
Pemerintah menyerahkan beasiswa bagi 12,6 juta siswa di seluruh Indonesia. Kompas.com/Ronny Adolof BuolPemerintah menyerahkan beasiswa bagi 12,6 juta siswa di seluruh Indonesia.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

MANADO, KOMPAS.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mengawasi penyaluran Beasiswa Siswa Miskin (BSM) bagi 12,65 juta siswa di Indonesia.

"Untuk tahun ini BSM yang akan disalurkan sebesar Rp. 7,4 triliun," ujar Anggota VI BPK RI, Rizal Djalil ketika memberikan pengarahan pada acara Pemantauan atas Penyerahan BSM untuk Siswa di Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Manado, Senin (20/1/2014).

Menurut dia, BPK berkewajiban mengawasi seluruh dana beasiswa tersebut agar sampai ke penerima yang tepat. "Saya minta kepada Bank Pemerintah Daerah yang menangani penyaluran tersebut agar memastikan jaringan bank mereka sampai di desa-desa. Kalau tidak, kita ganti bank penyalurnya," tambah Rizal.

Dalam acara yang dihadiri lebih dari 1.000 siswa dan orang tua siswa serta guru, diserahkan BSM untuk Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad memaparkan BSM merupakan program nasional yang dimaksudkan untuk memutus rantai kemiskinan dan memastikan masyarakat miskin bisa mengakses pendidikan.

"Demikian pula mereka diharapkan dapat memperoleh pelayanan kesehatan, sehingga mutu sumber daya manusia Indonesia terus meningkat dan mampu bersaing dalam era masyarakat global," kata Hamid.

Pada tahun 2013, alokasi BSM yang bersumber dari APBN dan APBNP mencapai Rp 8,83 trilun, yang mencakup 18,8 juta siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Khusus untuk provinsi Sulawesi Utara, pada tahun 2013 diberikan BSM untuk 176.678 siswa sebesar Rp. 82,9 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada akhirnya diharapkan program BSM dapat mendukung penuntasan wajib belajar pendidikan dasar semblan tahun, bahkan tingkat menengah atas, serta membantu kelancaran program sekolah," tambah Hamid.

Sementara itu Walikota Manado, Vicky Lumentut mengatakan pemberian BSM tersebut merupakan spirit bagi pemerintah kota Manado di saat sedang menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.

Salah satu orang tua siswa saat ditemui Kompas.com, mengatakan bersyukur atas pemberian BSM tersebut. Menurutnya dana tersebut terasa sangat membantu membeli keperluan sekolah anaknya.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X