PermataBank Kejar Pertumbuhan Kredit UMKM

Kompas.com - 23/01/2014, 14:31 WIB
Ilustrasi UMKM KOMPAS/IDHA SARASWATI WAHYU SEJATIIlustrasi UMKM
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk mengaku tahun 2014 ini tidak mengejar target pertumbuhan kredit tinggi. Perseroan akan mengikuti anjuran Bank Indonesia (BI) untuk menggenjot pertumbuhan kredit pada kisaran antara 15 hingga 17 persen.

"Market kredit kita secara umum mungkin sekitar 15 persen, sedikit di atas. Kami harapkan pertumbuhan kredit seimbang. Kita akan tekankan pada sektor UKM," kata Direktur Retail Banking PermataBank Bianto Surodjo di Jakarta, Kamis (23/1/2014).

Bianto mengatakan, secara umum perseroan akan menggenjot pertumbuhan kredit seperti yang telah diatur bank sentral. Saat ini pun pertumbuhan penyaluran kredit PermataBank diakuinya tidak jauh dari apa yang ditentukan BI.

"Kami porsinya ya nggak terlalu jauh dari yang diatur BI. Kita sudah tidak terlalu jauh dari apa yang diharapkan BI atas pertumbuhan kredit perbankan," ujar dia.

Adapun mengenai kredit UMKM yang akan disalurkan PermataBank sepanjang tahun 2014 ini, Budianto tidak bersedia memberikan angka yang rinci. "Target pertumbuhan kita tidak bisa kasih. Untuk gambaran saja industri sedikit di atas 15 persen, kita juga akan begitu," kata Bianto.

Secara umum, perbankan tidak memasang target tinggi untuk pertumbuhan kredit di tahun 2014 ini, sesuai dengan anjuran BI. Penyaluran kredit UMKM dipilih perbankan dipilih perbankan lantaran tingkat bunga yang menjanjikan, sehingga pertumbuhan laba dapat tetap terjaga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X