Kompas.com - 23/01/2014, 15:21 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com 
— PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) bisa kembali menjalankan usahanya meski terlilit utang. Dengan menjalankan kerja sama operasional (KSO), Merpati mengajak dua perusahaan swasta dalam negeri PT Bentang Persada Gemilang dan PT Amagedon mengembangkan bisnis penerbangan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menjelaskan, KSO yang dilakukan Merpati sudah sesuai dengan rencana bisnis yang disampaikan kepada pemerintah. Merpati mendapat kesepakatan melakukan KSO bersama dua pihak swasta sejak malam kemarin.

"Tadi malam Merpati sudah melakukan tanda tangan KSO dengan perusahaan swasta Indonesia," ujar Dahlan seusai rapim di Kantor Perum Damri Matraman, Kamis (23/1/2014).

Mantan Direktur Utama PLN itu mengungkapkan, Kementerian BUMN tak akan mengganggu dan intervensi rencana Merpati menjalankan bisnisnya. Pasalnya, meski memiliki banyak utang, Merpati sudah memiliki cara tersendiri menjalankan kinerjanya.

"Kita serahkan kepada direksi Merpati karena direksi menyadari road map itu bisa dijalani," ungkap Dahlan.

Dahlan mengingatkan kepada direksi Merpati untuk terus menjaga keamanan dalam melakukan bisnisnya. Selain itu, Dahlan sudah sangat percaya dan optimis Merpati akan bangkit dari keterpurukan.

"Merpati jangan mengorbankan faktor keamanan. Intinya, direksi sekarang, kita percaya penuh karena road map itu dikerjakan dengan baik," kata Dahlan. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.