Kompas.com - 24/01/2014, 14:53 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Citilink Indonesia (Citilink) rencananya tidak akan menggunakan jasa pilot asing lagi. Dengan 200 pilot yang dimiliki saat ini, Citilink akan memaksimalkan pilot lokal.

CEO Citilink Arif Wibowo, menjelaskan saat ini ada 38 pilot asing di Citilink. Ke depannya Citilink hanya akan merekrut pilot berkebangsaan Indonesia saja. "Semua pilot Citilink dari lokal semua nanti," ujar Arif, Jumat (24/1/2014).

Arif menjelaskan, pada awal terbentuknya Citilink, membutuhkan pilot tambahan secepat mungkin. Karena alasan itu Citilink merekrut pilot asing. "Kemarin masa transisi saja karena instruktur untuk pilot masih terbatas, sekarang sudah terpenuhi," ungkap Arif.

Citilink berjanji akan menyerap tenaga kerja lokal lebih banyak lagi. Hal itu sebagai pembuktian bahwa Citilink sebagai maskapai nasional bisa mendukung tenaga kerja Indonesia. "Kita perusahaan nasional harus mendorong tenaga kerja nasional," papar Arif.

Saat ini Citilink membutuhkan 64 pilot baru. Sedangkan 1 set pesawat ada 8 pilot. Rencananya Citilink juga akan menambah 8 pesawat baru, yang membawa total pesawat Citilink sebanyak 32 pesawat.

Saat ini Citilink telah mengoperasikan 22 pesawat Airbus A320 untuk melayani 21 rute domestik dengan 19 kota tujuan dan 130 frekuensi penerbangan ke berbagai kota di wilayah. Perseroan menargetkan hingga akhir tahun memiliki 30 pesawat dengan jenis yang sama.

"Nantinya Citilink penerbangannya bukan hanya domestik tetapi ke regional juga. Kalau hingga November pesawat menjadi 24 dan sampai akhir tahun bisa mencapai 30 pesawat. Lalu penambahan frekuensi juga akan terjadi, menjadi 200 frekuensi di akhir tahun," tutur Arif. (Adiatmaputra Fajar Pratama)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.