Kompas.com - 27/01/2014, 06:18 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana banjir yang melanda banyak daerah di Indonesia, diprediksi bakal memicu kenaikan sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat. Tak terkecuali cabai.

"(Karena) bencana banjir mengganggu arus distribusi bahan pangan dalam maupun antardaerah," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, di gedung BPPT, Jakarta, Minggu (26/1/2014).

Cabai, sebut Hatta, diperkirakan menjadi komoditas yang mengalami kenaikan harga signifikan sebagai dampak banjir yang merata ini. "Baik cabai merah maupun cabai rawit," ujar dia. Berikutnya, lanjut dia, adalah daging ayam dan daging sapi.

Adapun untuk beras, Hatta berkeyakinan harganya tak akan naik. Pasokan beras di berbagai daerah, sebut dia, terbilang lancar dan mencukupi. Namun dia mengatakan sampai Minggu malam belum ada laporan detail dari Kementerian Pertanian terkait barang pangan yang harganya diperkirakan bakal melambung.

"Kalau ternyata banyak pasokan yang kurang dan tidak bisa disuplai dari dalam negeri, harus impor," tandasnya.

(Adiatmaputra Fajar Pratama/Reza Gunadha)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.