Memulai Investasi Tak Perlu Tunggu Banyak Uang

Kompas.com - 28/01/2014, 17:58 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang beranggapan investasi dilakukan jika telah memiliki banyak uang. Namun ternyata anggapan itu salah. Investasi sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan uang yang banyak.

"Investasi tidak harus susah. Orang itu selalu berpikir investasi membutuhkan kepintaran, waktu, dan pengalaman. Padahal sama sekali tidak. Tidak perlu banyak uang juga," kata Manajer Portofolio Investasi Schroders Indonesia Irwanti di Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Irwanti menjelaskan investasi malah sebaiknya harus dilakukan dari uang yang jumlahnya kecil kemudian terus tumbuh menjadi besar. Pada dasarnya, kata dia, investasi adalah bagaimana seseorang pandai mengolah uang yang jumlahnya kecil.

"Dalam investasi kita mengontrol pendapatan. Kalau pendapatan tidak bisa dikontrol, hal itu sangat berisiko bila bergantung pada pendapatan. Sisa dari pendapatan harus digunakan dengan cermat untuk investasi," ujar dia.

Lebih lanjut, Irwanti mengatakan dalam kondisi itulah manajer investasi berperan membantu kliennya mengolah sisa pendapatan dikurangi pengeluaran. Pengeluaran, kata dia, harus diprediksi.

"Kita harus tahu pendapatan dan mengontrol pengeluaran. Sebagian besar dialihkan ke rekening bank dan investasi. Pengeluaran, pendapatan harus dikontrol secara disiplin untuk masa depan," jelasnya.

"Kalau ada pendapatan itu idealnya pengeluaran 60 persen dari pendapatan. Tapi tergantung umur. Kalau masih muda mungkin persentasenya mepet. Tapi kalau pekerjaan sudah stabil, pasti ada porsi besar untuk investasi. Jangan langsung investasi, tapi kira-kira 3 bulan pengeluaran harus tertutup dulu, setelah itu investasi," papar Irwanti.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.