Kompas.com - 29/01/2014, 17:03 WIB
Canon EOS-M2, salah satu produk kamera dari Canon CanonCanon EOS-M2, salah satu produk kamera dari Canon
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik Jepang, Canon pada hari ini, Rabu (29/1/2014) mengumumkan bahwa target laba selama tahun 2013 meleset karena lesunya penjualan kamera digital.

Perseroan mengaku penurunan penjualan kamera digital diakibatkan banyaknya konsumen yang beralih ke smartphone untuk mengambil gambar, ketimbang kamera.

Dalam penjelasan resminya, Canon menyebutkan laba bersih sepanjang tahun lalu naik 2,6 persen year on year menjadi 230,5 miliar yen (2,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 26 triliun). Meskipun mencatatkan kenaikan, namun perolehan itu meleset dari target yang ditetapkan yaitu 240 miliar yen.

Di sisi lain, penjualan perseroan mengalami kenaikan 7,2 persen menjadi 3,7 triliun yen, serta laba operasional naik 4,1 persen menjadi 337,3 miliar yen.

Dalam penjelasan resminya, Canon menyebutkan kenaikan laba diperoleh sebagai hasil dari efisiensi yang diterapkan perseroan. Selain pemangkasan cost, kenaikan laba juga disumbang dari turunnya nilai tukar yen yang membuat produk perseroan lebih kompetitif di pasar ekspor.

Untuk produk lainnya, Canon juga mencatatkan kenaikan pada segmen alat-alat kantor termasuk printer laser.

Terpuruknya penjualan kamera digital tak hanya dirasakan Canon. Pabrikan Jepang lainnya yaitu Sony dan Olympus juga mengalami hal serupa tatkana smartphone yang dilengkapi kamera  booming di pasaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tahun 2014, Canon berharap bisa meraup laba bersih sebesar 240 miliar yen dan laba operasional 360 miliar yen serta penjualan 3,85 triliun yen.



Sumber AFP
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X