OJK Optimis Kredit Perbankan Tumbuh Baik Tahun Ini

Kompas.com - 30/01/2014, 13:47 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman Darmansyah Hadad KOMPAS/HERU SRI KUMOROKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Muliaman Darmansyah Hadad
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakin industri perbankan akan tumbuh dengan baik tahun 2014 ini. Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan permodalan yang baik ikut menopang pertumbuhan industri perbankan.

Ia mengungkapkan dengan melihat dari rencana bisnis perbankan yang diajukan kepada OJK, pertumbuhan penyaluran kredit perbankan bisa berada pada kisaran 17 hingga 18 persen tahun ini. Kisaran ini lebih tinggi di atas target Bank Indonesia (BI), yakni antara 15 hingga 17 persen.

"Banyak orang memperkirakan jumlah kredit akan turun signifikan. Setelah melihat rencana bisnis bank kami masih melihat optimisme. Saya melihat pertumbuhan kredit berkisar antara 17 hingga 18 persen di tahun 2014 dengan rata-rata pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) tidak terlalu buruk, sekitar 14 persen," kata Muliaman di Hotel Dharmawangsa, Kamis (30/1/2014).

Industri perbankan Indonesia, menurut Muliaman, masih menghadapi tantangan dari sisi likuiditas. Namun demikian, ia tetap yakin pertumbuhan industri perbankan akan tetap terjaga dengan baik walaupun tantangan tetap ada.

"Kita semua masih melihat optimisme sehingga kita masih bisa berharap banyak tahun ini kita bisa saksikan pertumbuhan perbankan cukup baik karena permodalan baik. Kami ingin meyakini akses likuiditas bagi yg kecil-kecil terjaga baik agar isu likuiditas tidak menjadi tekanan baru terhadap industri keuangan Indonesia," ujar dia.

Muliaman menjelaskan yang harus menjadi fokus industri keuangan pada dasarnya adalah bagaimana kembali ke fundamental. "Jika faktor fundamental terjaga, saya optimis perubahan-perubahan akan dilalui dengan baik," tegasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X