Gita Tetap Jabat Mendag Sampai Presiden Tunjuk Penggantinya

Kompas.com - 01/02/2014, 14:29 WIB
Sudi Silalahi, Menteris Sekretaris Negara. KOMPAS.com/TaufiqurrahmanSudi Silalahi, Menteris Sekretaris Negara.
Penulis Icha Rastika
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Gita Wirjawan akan tetap menjalankan tugasnya sebagai Menteri Perdagangan hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk pengganti definitif Gita.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, Presiden akan menunjuk pengganti definitif Gita dalam waktu dekat. Saat ini, Kepala Negara masih mendiskusikan hal tersebut dengan Wakil Presiden Boediono.

"Meskipun pengunduran diri Gita itu terhitung 31 Januari, namun beliau (Gita) masih diminta terus melaksanakan tugasnya sampai ditunjuk pengganti definitif yang sudah ditetapkan Presiden," kata Sudi di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

Menurut Sudi, Presiden menerima surat pengunduran diri Gita pada 31 Januari 2014. Namun dia tidak menyebutkan alasan Presiden menerima pengunduran diri Gita yang tengah mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat tersebut.

Sudi juga membenarkan bahwa Gita pernah beberapa kali mengajukan pengunduran diri, namun Presiden menolak pengunduran diri Gita sebelumnya. Seperti diberitakan, Gita resmi mengundurkan diri pada Jumat (31/1/2014) pagi ini.

Sebelumnya, Gita telah mengajukan pengunduran diri hingga tiga kali. Namun, dua permohonan mundur Gita selalu ditolak Presiden SBY. Pada permohonan ketiga kali, Presiden SBY akhirnya membalasnya.

Pada Rabu (29/1/2014), Gita mengaku menerima jawaban Presiden yang mempersilakannya mundur dari Kabinet Indonesia Bersatu II. Gita menyatakan alasannya mundur karena ingin fokus menjalani konvensi calon presiden Partai Demokrat. Dia juga mengaku tak ingin memiliki konflik kepentingan jika harus menjalani konvensi, tetapi tetap menjadi seorang menteri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X