Kompas.com - 03/02/2014, 20:05 WIB
Menteri Perindustrian MS Hidayat Kompas.com/Kurnia Sari AzizaMenteri Perindustrian MS Hidayat
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Susilo Siswoutomo mendatangi kantor Kementerian Keuangan sore ini untuk bertemu dengan Menteri Keuangan Chatib Basri. Keduanya datang pada sekitar pukul 17.30.

Hidayat mengatakan, dirinya datang memenuhi undangan Chatib. "Saya ditelepon Dede (Chatib Basri) mau diajak ngopi. Katanya dia punya kopi," kata Hidayat kepada wartawan, Senin (3/2/2014).

Seusai rapat, Susilo mengatakan, ketiganya membahas mengenai beberapa hal, termasuk di antaranya smelter dan penerapan bea keluar mineral. "Semuanya, soal smelter juga. Yang difokuskan, ya kita fokuskan harus bangun smelter seperti yang sudah kita sampaikan," ujar dia.

Di samping itu, Susilo pun menegaskan tidak ada perubahan bea keluar mineral. Ia mengatakan akan tetap memberlakukan aturan tersebut. "Masak harus bertentangan, yang jelas BK (bea keluar) ada di sana," kata dia.

Terkait kedatangan Presiden Direktur Freeport-McMoran Mining Richard Adkerson beberapa waktu lalu ke Indonesia, Susilo mengungkapkan, aturan BK tidak diatur dalam kontrak karya, tetapi di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

"BK itu kan yang dikeluarkan oleh PMK. Masa kita melarang orang protes, kemudian misalkan mereka mau macam-macam, masa kita larang," ujar Susilo.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.