Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang SUN Diharapkan Topang Rupiah

Kompas.com - 05/02/2014, 09:14 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Rabu (5/2/2014) ini. Sentimen positif salah satunya dari lelang surat utang negara diharapkan menopang penguatan rupiah di pasar domestik.

Walaupun pasar saham dan obligasi tertekan di semua benua, mayoritas mata uang di Asia berhasil menguat terhadap dollar AS sampai kemarin sore. Kurs rupiah NDF satu bulan berhasil menguat lagi ke kisaran Rp 12.155 per dollar AS. Kurs JISDOR hanya menguat tipis ke Rp 12.248 per dollar AS.

Menurut riset Samuel Sekuritas, hingga dini hari tadi, terlihat sentimen flight to safety berkurang. Yield US Treasury naik ke 2,6 persen bersamaan dengan S&P 500 yang menguat. Yen juga kembali melemah ke kisaran 101,3 per dollar AS setelah beberapa hari dinaungi penguatan tajam.

Pasar domestik berpeluang memanfaatkan sentimen positif tersebut pagi ini. Lelang SUN dengan target Rp 10 triliun hari ini juga bisa membantu meningkatkan dorongan beli di pasar domestik. Yield SUN tenor 10 tahun sampai sore kemarin masih bertahan di atas 9 persen. BPS juga akan mengumumkan angka PDB hari ini.

Riset Samuel Sekuritas melihat PDB di triwulan empat akan berada di kisaran -1,68 (qoq), 5,38 persen (yoy), sehingga angka sepanjang tahun 2013 akan mencapai 5,71 persen (yoy).

Sementara menurut riset Trust Securities, laju rupiah kembali di atas support Rp 12.260 per dollar AS. Hari ini rupiah diproyeksikan di level Rp 12.255-12.221 per dollar AS (kurs tengah BI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com