Dapat Mitra Bisnis, Merpati Coba Peruntungan Penerbangan Umroh

Kompas.com - 10/02/2014, 13:05 WIB
Pesawat Merpati Nusantara di Merauke, Papua. BARRY KUSUMAPesawat Merpati Nusantara di Merauke, Papua.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerjasama operasi (KSO) menjadi salah satu alternatif upaya penyelamatan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) yang kini terlilit utang sekitar Rp 7,3 triliun.

Direktur Utama Merpati Captain Asep Eka Nugraha mengatakan (KSO) yang paling siap saat ini adalah penerbangan umroh ke Jeddah. "Penerbangan umroh ini adalah satu potensi yang bisa dikembangkan," kata dia di Jakarta, Senin (10/2/2014).

Penerbangan ke Jeddah ditargetkan akan beroperasi akhir Februari 2014, atau paling lambat awal Maret 2014. Asep menuturkan, penerbangan ke luar negeri bukan kali pertama ini dilakoni maskapai pelat merah tersebut.

Sebelumnya, Merpati sudah pernah melayani penerbangan Denpasar-Los Angeles, Manila, dan Australia. "Jadi potensi penerbangan ke Jeddah ini bukan dalam rangka sok-sokan. Itu potensi KSO yang bisa menggerakkan roda Merpati. Kita juga bisa menambahkan pesawat feeder. Finalisasi KSO penerbangan umroh ini ada dalam tahap akhir," terang Asep.

Selain KSO penerbangan ke Jeddah, Merpati juga tengah merancang KSO aircraft manufacturing dengan pabrikan pesawat China. Namun, ia menegaskan, yang paling dekat terealisasi adalah umroh flight.

Asep mengatakan, ia selalu menekankan kepada calon mitranya soal kondisi Merpati yang kini terbebani utang Rp 7,3 triliun itu. Namun, melihat potensi penerbangan umroh, toh nyatanya ada saja mitra yang mau mengandeng BUMN yang tengah pincang itu.

"Kami selalu tekankan kepada mitra. Kasarannya, kami ini sedang tidak punya uang. Jadi yang mitra ini harus bisa membawa fleet dan working capital. Mitra KSO memahami Merpati memang lagi susah. Tidak ada satupun yang tidak tahu utang Merpati besar," pungkasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X