Bank Mandiri Fokus Salurkan Kredit Produktif

Kompas.com - 10/02/2014, 18:25 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk mencatatkan pertumbuhan kredit mencapai 21,5 persen pada akhir tahun 2013 menjadi Rp 472,4 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 388,8 triliun.

Perseroan menyatakan akan tetap menyalurkan kredit ke sektor yang sifatnya produktif. "Pertumbuhan kredit lebih banyak ke sektor-sektor produktif seperti investasi, modal kerja dengan net ekspansi 23 persen. Pertumbuhan tentu di atas pertumbuhan kredit Bank Mandiri yang mencapai Rp 360 triliun," kata Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala N Mansury di Plaza Mandiri, Senin (10/2/2014).

Pada tahun 2013, kredit Bank Mandiri ke sektor produktif tumbuh 23,3 persen mencapai Rp 360,4 triliun dengan pertumbuhan kredit investasi 17 persen dan kredit modal kerja 27,4 persen.

Adapun sektor gas, listrik, dan air mencatatkan pertumbuhan 22,6 persen, sementara sektor perdagangan, restoran, dan hotel 26,8 persen. "Secara umum, pertumbuhan kredit sangat baik. Terus tumbuh baik dari network dan infrastruktur yang sangat membantu kita untuk tumbuh. Ke depan, kita harapkan Bank Mandiri akan terus memacu pertumbuhan kredit ke sektor-sektor yang sifatnya produktif," ujar Pahala.

Kenaikan penyaluran kredit perseroan terjadi di seluruh bisnis, dengan segmen mikro mencatat pertumbuhan tertinggi yakni 42,3 persen menjadi Rp 27 triliun pada tahun 2013. Dari sisi nasabah, jumlah nasabah meningkat menjadi 349,6 ribu dari 315,4 ribu pada tahun 2012.

"Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga mengalami peningkatan total pembiayaan mencapai Rp 14,4 triliun disalurkan kepada 295 ribu debitur. Dilihat dari sektor ekonomi, pada kuartal IV 2013 kredit pertambangan dan konsumsi adalah yang tumbuh signifikan sebesar 30 persen. Jumlah kredit ke sektor manufaktur dan pengolahan mencapau Rp 90,3 triliun dan perdagangan Rp 81,4 triliun," papar Pahala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X