Kemendag Pastikan Beras Impor Vietnam Jenis Premium

Kompas.com - 11/02/2014, 15:42 WIB
Buruh memikul beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (6/7/2011). KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESBuruh memikul beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (6/7/2011).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisruh adanya beras jenis medium yang dilaporkan salah seorang pedagang saat Hatta Rajasa sebulan lalu berkunjung ke Pasar Induk Beras Cipinang menemui titik terang.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bachrul Chairi mengatakan, temuan beras tersebut dipastikan berjenis premium. "Kita sudah keluarkan secara teknisnya kan. Iya, itu beras premium. Intinya kita menemukan beras premium dan kita sudah umumkan itu semua beras premium," kata Bachrul ditemui di Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Sucofindo dan para ahli Institute Pertanian Bogor (IPB), beras tersebut memiliki kadar kepecahan di bawah 5 persen, alias tergolong premium.

Ditemui pada kesempatan sama, usai pengesahan RUU Perdagangan, Direktur Pengawas Barang Beredar dan Jasa Kementrian Perdagangan Robert mengatakan, 8 sampel yang diambil dari pasar Cipinang, diketahui beras yang dikemas dengan karung bermerek AAA dan Apple memiliki tingkat kepecahan di bawah 5 persen.

"Dari ahli ada dua yaitu Pak Wahid dan Pak Pur dua ahli IPB. Semua kita periksa yaitu 10 item mulai dari sosoh, fisik dan tingkat kepecahan pokoknya semuanya," terang Robert.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X