Pasca Pensiun, Orang Indonesia Memilih Tetap Bekerja

Kompas.com - 12/02/2014, 07:48 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil riset Manilife Investor Sentiment Index (MISI) kuartal IV 2013, sebanyak 56 persen masyarakat Indonesia ingin mencari pekerjaan tambahan setelah pensiun. Yang menarik, 75 persen masyarakat Indonesia akan terus bekerja hingga usia 68 tahun atau setelah masa pensiun mereka.

Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Legowo Kusumonegoro mengatakan, saat ini masyarakat Indonesia mulai menunjukkan kecenderungan sadar dalam pentingnya merencanakan masa pensiun. Akan tetapi, kesadaran itu tak membuat mereka berhenti bekerja.

"75 persen orang Indonesia akan tetap bekerja sampai usia mereka 68 tahun untuk mencukupi kebutuhan masa pensiun. Padahal mencari kerja sekarang saja sulit, apalagi nanti di usia tua. Dari sisi fisik saja sudah tidak mendukung," kata Legowo di Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Tidak hanya aspek fisik yang sudah tidak mendukung, Legowo mengatakan orang Indonesia yang ingin memperoleh tambahan pendapatan di masa pensiun harus siap bersaing dengan generasi yang lebih muda, enerjik dan inovatif.

Kecenderungan pensiunan tersebut lantaran uang pensiun hanya cukup untuk membiayai hidup selama setidaknya 9 tahun. Pada kesempatan sama,

Direktur Pengembangan Bisnis Manulife Asset Management Indonesia Putut Andanawarih menjelaskan kaum pensiunan tidak mungkin lagi bekerja setelah mereka pensiun. Ini mempertimbangkan masalah kesehatan dan biaya kesehatan yang semakin melonjak.

"China saja sebagai contoh, dalam satu dekade telah menaikkan biaya layanan kesehatan 6 kali lipat. Indonesia, pada kurun waktu sama, menaikkan 5 kali lipat. Sementara dana pensiun mereka tidak mencukupi. Mencari pekerjaan di usia tua juga semakin sulit," kata Putut.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X