Pertumbuhan Ekonomi Zona Euro Lampaui Perkiraan

Kompas.com - 15/02/2014, 03:42 WIB
Bendera Uni Eropa. ShutterstockBendera Uni Eropa.
|
EditorPalupi Annisa Auliani

BRUSSELS, KOMPAS.com - Ekonomi Eropa dilaporkan tumbuh lebih cepat, meningkatkan harapan terjadinya pemulihan yang berkelanjutan, meski diperkirakan angka pertumbuhan itu tetap tak cukup untuk mengurangi angka pengangguran yang sudah membumbung tinggi dalam waktu dekat.

Ekonomi zona euro tumbuh 0,3 persen pada periode Oktober sampai Desember 2013 dibandingkan kuartal sebelumnya, menurut data dari Eurostat, Jumat (14/2/2014). Capaian tersebut melampaui ekspektasi kenaikan pertumbuhan 0,1 persen dari kuartal tiga 2013.

Dengan data ini, maka sepanjang 2013 zona euro tumbuh 1,2 persen. "Masih jauh dari (angka pertumbuhan) yang dinamis, tapi sudah dalam arah yang benar," kata analis IHS Global Insight, Howard Archer.

Zona euro adalah pusat ekonomi global dengan Eropa adalah pembeli besar barang dari Amerika Serikat dan Asia. Ketidakpastian atas masa depan blok itu dalam beberapa tahun terakhir membebani pertumbuhan dan pendapatan perusahaan di seluruh dunia.

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber AP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X