Pertamina Mengaku Tak Punya Anggaran untuk Bangun Kilang Minyak

Kompas.com - 18/02/2014, 19:35 WIB
Ilustrasi kilang minyak AP PHOTO / GERALD HERBERTIlustrasi kilang minyak
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengaku dana yang dimiliki untuk pembangunan kilang minyak sangat terbatas.

"Itu bukan kita tidak mau (bangun kilang), tapi memang dari sisi keuangan tidak mampu," kata Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, di Jakarta, Selasa sore (17/2/2014).

Lantaran tak mampu dari sisi finansial ini, Pertamina pun diizinkan bergabung jika ada investor yang berminat membangun kilang atau refinary. Karen mengakui, beberapa pemodal sudah mendekati BUMN migas tersebut. "Sudah ada yang mengajak," kata dia.

Pembangunan refinary memang membutuhkan dana yang tak sedikit. Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Selasa siang, menjelaskan, untuk satu kilang minyak dibutuhkan investasi sekira 10 miliar dollar AS.

Pertamina, lanjut dia, tidak memiliki anggaran untuk itu. Namun, Pertamina bisa join venture dengan para investor.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.