Neraca Perdagangan Indonesia-Turki Surplus 1,6 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 20/02/2014, 14:33 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Volume perdagangan Indonesia dan Turki sepanjang 2013 tercatat surplus sebesar 1,6 miliar dollar AS.

Dari total volume perdagangan kedua negara yang mencapai 2,2 miliar dollar AS, nilai ekspor Indonesia ke Turki mencapai 1,9 miliar dollar AS dengan impor senilai 300 juta dollar AS. Volume tersebut meningkat 500 juta dollar AS jika dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya 1,7 miliar dollar AS.

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Nahari Agustini mengemukakan pihaknya berupaya meningkatkan kerjasama ekonomi antara dua negara. Salah satunya adalah dengan mengajak para pengusaha Turki datang ke Indonesia untuk menjajaki peluang usaha.

Sementara itu, Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan volume perdagangan Indonesia-Turki masih dapat ditingkatkan. Hal ini seiring dengan kesepakatan antara pimpinan kedua negara yang berkomitmen meningkatkan kerjasama perdagangan hingga 5 miliar dollar AS.

“Jadi masih sangat mungkin untuk ditingkatkan,” ujar Mentan Suswono dalam keterangan resminya, Kamis (20/2/2014).

Terkait dengan kerjasama di bidang pertanian, kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman ketika Presiden berkunjung ke Turki beberapa waktu lalu. Sebagai tindak lanjut perlu dibentuk kelompok kerja (working group) agar MoU tersebut dapat diimplementasikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X