Taspen Manfaatkan Data e-KTP untuk Tingkatkan Pelayanan

Kompas.com - 20/02/2014, 20:43 WIB
Ilustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak. KOMPAS/WISNU WIDIANTOROIlustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Taspen mengoptimalkan peran Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Data Kependudukan berbasis Nomor Induk Kependudukan untuk meningkatkan pelayanan dalam penyelenggaraan program tabungan hari tua serta dana pensiun.

Sekretaris Perusahaan PT Taspen AA Ngurah Oka Muliawan dalam keterangan resminya, Kamis (20/2/2014) mengatakan pemanfaatan e-KTP dan data kependudukan itu juga dilakukan dalam program kesejahteraan PNS dan program jaminan sosial dalam lingkup tugas PT Taspen.

Optimalisasi peran e-KTP ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara PT Taspen dengan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Kantor Wakil Presiden.

Perjanjian tersebut menindaklanjuti nota kesepahaman antara Menteri Dalam Negeri dengan Menteri BUMN tentang kerja sama pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dalam layanan BUMN.

Oka menjelaskan dengan adanya pemanfaatan ini maka akurasi dan kecepatan layanan klaim peserta program tabungan hari tua dan program pensiun dapat makin ditingkatkan serta memudahkan registrasi dan validasi proses klaim.

Selain untuk mempermudah proses pendataan peserta, dan memverifikasi klaim, maka data tersebut dapat dimanfaatkan untuk memudahkan calon peserta dalam melakukan pendaftaran kepesertaan PT Taspen.

"Dengan demikian, registrasi kepesertaan PT Taspen dapat lebih efektif, dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan dan atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik," ujar Oka, Kamis (20/2/2014).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X