Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Pendidikan Keuangan ke Masyarakat, OJK Gandeng BRI

Kompas.com - 24/02/2014, 11:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengoperasikan 20 unit mobil SIMOLEK. Mobil tersebut akan keliling menjangkau masyarakat yang belum melek keuangan.

Kerjasama ini dilatarbelakangi belum semua golongan masyarakat di Tanah Air, khususnya golongan masyarakat berpenghasilan rendah, dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.

Kondisi sosial ekonomi masyarakat dan infrastruktur di daerah yang masih belum merata, akibatnya, penetrasi layanan jasa keuangan ke masyarakat menjadi terhambat.

“Tujuannya untuk meningkatkan tingkat literasi jasa keuangan masyarakat Indonesia khususnya kepada golongan masyarakat berpenghasilan rendah, dan wilayah - wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang baik,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali di Kantor Pusat BRI, Senin (24/2/2014).

Ali mengatakan, pengoperasian SIMOLEK ini akan menjadi tanggung jawab BRI mulai tanggal 24 hingga 28 Februari 2014.

“Ada 20 unit Mobil SIMOLEK yang akan berkeliling di hampir seluruh wilayah Indonesia, yakni di 14 kota, 15 Kantor Wilayah dan akan dioperasikan oleh 46 Kantor Cabang BRI serta didukung oleh 42 Teras BRI Keliling dan 33 E-Buzz BRI,” ujar dia.

Dalam rangkaian yang sama, BRI bekerjasama dengan OJK, juga akan mengadakan Seminar - Lokakarya bertempat di Palangkaraya dan Makassar, bertemakan Literasi Keuangan dengan target audience-nya para pengusaha UMKM setempat, pada bulan Agustus dan September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com