Beri Pendidikan Keuangan ke Masyarakat, OJK Gandeng BRI

Kompas.com - 24/02/2014, 11:40 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengoperasikan 20 unit mobil SIMOLEK. Mobil tersebut akan keliling menjangkau masyarakat yang belum melek keuangan.

Kerjasama ini dilatarbelakangi belum semua golongan masyarakat di Tanah Air, khususnya golongan masyarakat berpenghasilan rendah, dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan.

Kondisi sosial ekonomi masyarakat dan infrastruktur di daerah yang masih belum merata, akibatnya, penetrasi layanan jasa keuangan ke masyarakat menjadi terhambat.

“Tujuannya untuk meningkatkan tingkat literasi jasa keuangan masyarakat Indonesia khususnya kepada golongan masyarakat berpenghasilan rendah, dan wilayah - wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang baik,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali di Kantor Pusat BRI, Senin (24/2/2014).

Ali mengatakan, pengoperasian SIMOLEK ini akan menjadi tanggung jawab BRI mulai tanggal 24 hingga 28 Februari 2014.

“Ada 20 unit Mobil SIMOLEK yang akan berkeliling di hampir seluruh wilayah Indonesia, yakni di 14 kota, 15 Kantor Wilayah dan akan dioperasikan oleh 46 Kantor Cabang BRI serta didukung oleh 42 Teras BRI Keliling dan 33 E-Buzz BRI,” ujar dia.

Dalam rangkaian yang sama, BRI bekerjasama dengan OJK, juga akan mengadakan Seminar - Lokakarya bertempat di Palangkaraya dan Makassar, bertemakan Literasi Keuangan dengan target audience-nya para pengusaha UMKM setempat, pada bulan Agustus dan September mendatang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X