Kompas.com - 24/02/2014, 13:59 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memanggil perusahaan perencana keuangan, PT Quantum Magna (QM) Financial. Hal ini terkait rekomendasi yang dikeluarkan perusahaan kepada kliennya atas produk investasi tertentu.

Sumber KONTAN di OJK membisikkan, pihaknya tengah menyiapkan surat pemanggilan atas QM Financial. "Pekan ini, rencananya kami akan panggil (QM Financial)," ujarnya, Senin (24/2/2014).

Saat ini, lanjut dia, OJK masih mempelajari lebih lanjut mengenai prinsip-prinsip dan mekanisme kerja dari perencana keuangan. Asal tahu saja, perencana keuangan bukan profesi yang berada di bawah pengawasan OJK.

Oleh karena itu, pihaknya masih melakukan telaah mendalam. Ketika ditanya apakah juga akan meminta keterangan dari klien yang terjebak dengan produk investasi bodong yang direkomendasikan QM Financial.

"Akan dilihat nanti, bisa saja akan berlanjut dengan memanggil para investor nya," tutur sang sumber.

Seperti diketahui, QM Financial telah merekomendasikan sejumlah investasi. Beberapa diantaranya adalah investasi perkebunan dan peternakan milik CV. Panen Mas, dan investasi emas milik Golden Traders Syariah (GTIS). Kedua pemilik perusahaan investasi ini sama-sama melarikan dana nasabah.

Sebelumnya, CEO QM Financial Ligwina Hananto membantah memberikan penawaran investasi kepada kliennya. Memang ada dokumen berisikan tentang rekomendasi sejumlah produk investasi yang ditujukan kepada klien. Namun dia berkilah nama dokumen tersebut adalah draf plan. Menurutnya, QM tidak memiliki produk dan hanya bertugas membuat plan. (Amailia Putri Hasniawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.