Perusahaan Rusia Bangun Rel Kereta Api di Kalimantan Timur

Kompas.com - 25/02/2014, 18:53 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bekerja sama dengan perusahaan Russian Railways untuk membangun jalur transportasi kereta api di Kalimantan.

"Pada prinsipnya proyek kereta api yang kami bangun dari PT Kalimantan Railways itu sudah kami persiapkan dengan baik sepanjang 191 kilometer," kata Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk Ishak di Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Menurut Awang, jalur kereta akan dibangun mulai dari Kutai Barat melintasi Balikpapan hingga Penajam Pasir Utara.

Kereta api tersebut, jelas Awang, berstatus kereta api khusus pengangkut batu bara.

"Tetapi saya juga sedang meminta bisa untuk mengangkut minyak sawit, komoditas hutan tanaman produksi, karet, ataupun hasil bumi lain," kata Awang.

Awang menambahkan transportasi kereta api tersebut diharapkan juga dapat memperlancar pengiriman barang logistik ke daerah pedalaman.

Dia berharap dengan kelancaran transportasi logistik ke pedalaman dapat menurunkan harga barang kebutuhan di area dimaksud.

"Kami sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Russian Railways dan Kalimantan Railways," papar Awang.

Sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk Rusia Djauhari Oratmangun mengatakan jumlah investasi yang akan digelontorkan sebesar 1,6-2 miliar dollar AS.

"Dalam waktu dekat gubernur dan pihak Russian Railways akan melakukan peletakan batu pertama bahkan kedua pihak sudah membentuk perusahaan bersama bernama Kalimantan Railways," jelas dia.

Selain itu perusahaan Russian Alumina juga akan menanamkan investasi di Kalimantan Timur dengan membangun smelter untuk bauksit.

Perusahaan itu akan meningkatkan nilai tambah bagi komoditas bauksit menjadi alumina dengan perkiraan investasi sebesar 2,5 miliar dollar AS.



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X