Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Akui Telat Membangun Infrastruktur Gas

Kompas.com - 28/02/2014, 15:08 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengakui Indonesia memiliki banyak sumber daya alam gas, namun belum termanfaatkan karena minimnya infrastruktur.

“Rencana diversifikasi BBM (bahan bakar minyak) ke gas tidak ada yang berubah, cuma kita telat membangun infrastrukturnya,” kata Hatta di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Salah satu instrumen untuk memuluskan program konversi BBM ke gas adalah melalui pengadaan converter kit. Namun, disayangkan oleh Hatta, pengadaan converter kit hingga saat ini belum berjalan optimal.

“Tahun kemarin kita terlambat pengadaan converter kit. Dan perlu dicatat, converter kit ini tidak boleh pakai APBN. Harus ada insentif untuk gas yang lebih murah dari subsidi BBM. Pun demikian, BBM yang bersubsidi ini juga harus lebih murah,” terang Hatta.

Ditemui di lokasi sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik mengatakan, seiring bertumbuhnya buss rapid transit (BRT) seperti Transjakarta, hal ini akan mendorong penggunaan gas secara masif. Ia pun sepakat dengan pendapat Hatta bahwa penggunaan BBM harus dikurangi, karena harganya yang rentan fluktuasi global dan impor.

“Penggunaan gas harus ditambah, karena kita punya banyak dan dia tidak mencemari lingkungan. Tapi gas ini tidak seperti minyak mengangkutnya. Infrastruktur inilah yang perlu kita siapkan. Kita sudah banyak way out tadi dari Pertamina dan PGN,” kata Jero.

Hingga akhir tahun ini PT Pertamina (Persero) dan PT PGN akan membangun 69 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di seluruh Indonesia. Kementerian ESDM mencatat, sampai dengan saat ini baru 12 unit SPBG yang beroperasi, dan 11 unit SPBG yang siap tetapi tidak beroperasi. Dari 45 SPBG yang direncanakan tahun 2013, hanya jalan 8 SPBG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com