Merpati Stop Operasi, Harga Tiket Pesawat di Papua Makin Mahal

Kompas.com - 28/02/2014, 18:57 WIB
SHUTTERSTOCK Tiket pesawat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) tidak beroperasi, harga tiket pesawat dari dan menuju Papua makin terbang tinggi.

"Harga tiket naik bisa dua kali lipat, tiga kali lipat. Yang dulu masih bisa bersaing ketika ada Merpati," kata General Manager PT Pandawa Ady Ahza, Ihsan Riyadi ditemui di kantor Merpati, Jumat (28/2/2014). PT Pandawa Ady Ahza merupakan salah satu agen tiket Merpati di Indonesia Timur.

Ia mencontohkan, harga tiket dari Merauke ke Jakarta saat ini antara Rp 2,5 juta hingga Rp 6 juta untuk kelas ekonomi. Sedangkan untuk kelas bisnis harganya bisa mencapai Rp 10 juta. "Yang dulu mungkin di bawah itu. Dulu Rp 1,7 juta, Rp 2,5 juta, sampai Rp 3 juta," lanjut Ihsan.

Sejauh ini, diakui Ihsan, masyarakat Papua lebih familiar dengan Merpati. "Walaupun ada Lion, Sriwijaya, kalau mau terbang Maret, atau April, mereka masih jauh-jauh hari nyarinya Merpati," katanya.

Sebagai informasi, tidak beroperasinya Merpati merupakan buntut dari kritisnya kondisi keuangan maskapai pelat merah tersebut hingga mengganggu cashflow dan operasional. Hingga saat ini tercatat utang Merpati sebesar Rp 7,3 triliun, terbesar kepada pemerintah, BUMN dan terakhir swasta.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorErlangga Djumena

Close Ads X