Garuda dan AirAsia Belum Boleh Terbang dari Halim

Kompas.com - 03/03/2014, 10:51 WIB
Pesawat Citylink melakukan penerbangan perdana dari Bandara Halim Perdanakusuma. Jumat (10/1/2014). Kompas.com/Robertus BelarminusPesawat Citylink melakukan penerbangan perdana dari Bandara Halim Perdanakusuma. Jumat (10/1/2014).
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Keinginan PT Garuda Indonesia Tbk., dan PT Indonesia AirAsia untuk bisa mengudara di Lapangan Udara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur pada Februari 2014, kandas. Sampai Maret 2014, Kementerian Perhubungan (Kemhub) belum juga memberikan izin terbang lewat Bandara Halim.

Kementerian yang membawahi sistem transportasi di Indonesia ini mengaku, izin penerbangan belum diberikan masih ada kendala komunikasi antara pihak maskapai, TNI Angkatan Udara dan Kemhub. Permasalahannya menyangkut penentuan rute.

Herry Bakti Singayuda Gumay, Direktur Jenderal Penerbangan Udara Kemhub janji, Garuda dan AirAsia sudah bisa mengudara lewat Bandara Halim pada Maret 2014 ini. Tanpa mengatakan tanggal pastinya, Herry bilang, kepastian tanggal menunggu hasil pembicaraan antara maskapai, TNI AU, dan Kemhub.

"Tidak usah tanya dulu pastinya kapan. Intinya sudah ada kesepakatan soal itu semuanya," kata Herry pada akhir pekan lalu.

Manajer Komunikasi PT Indonesia AirAsia Audrey Progestama Petriny, juga tidak mau berkata banyak soal penundaan penerbangan dari Halim. Dia juga menolak berkomentar mengenai permasalahan komunikasi yang menghambat maskapai ini terbang di Halim. "Intinya kami masih dalam evaluasi dan mengkaji, tapi tentang apa kami belum bisa sampaikan," katanya kepada KONTAN, Minggu (2/3/2014).

Seperti kita tahu, pemerintah memutuskan membuka Bandara Halim untuk penerbangan komersial berjadwal sejak 10 Januari 2014. Sebelumnya bandara ini dipakai untuk kepentingan militer, pesawat charter dan beberapa penerbangan komersial. Penambahan jadwal bagi penerbangan komersial ini untuk mengurangi kepadatan Bandara Soekarno Hatta.

Kini maskapai komersial yang sudah pindah ke Halim baru PT Citilink Indonesia, sebanyak 16 kali penerbangan. Adapun rute yang dilayani tujuan Yogyakarta, Semarang, Palembang dan Malang. (Agus Triyono)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X