Kompas.com - 05/03/2014, 13:38 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendorong usaha mikro dan kecil (UMK) merambah bisnis online atau e-commerce agar mampu bersaing di tengah perkembangan sistem ekonomi digital.

Untuk itu, perseroan memberikan pelatihan mengenai e-commerce kepada para nasabahnya di wilayah Tasikmalaya.

Tirta Prasetia, Pemimpin PNM Cabang Tasikmalaya, mengatakan perkembangan dunia maya, yang berbasiskan teknologi internet, telah menjadikan bisnis online atau e-commerce sebagai fenomena saat ini.

“Bisnis e-commerce ini bisa menjadi peluang bagi pengusaha yang melek teknologi, tetapi sebaliknya bisa jadi bumerang bagi pebisnis yang gagap teknologi,” tuturnya, Rabu (5/3/2014).

Menurut Tirta, cukup banyak pelaku UMKM di Tanah Air yang telah mengadopsi konsep e-
commerce dalam menjalankan bisnisnya. Namun, lebih banyak lagi yang belum memahami paradigma sistem ekonomi digital tersebut.

“Karenanya agar UMKM tidak hanya menjadi pelengkap atau penonton dari booming-nya e-
commerce, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) aktif melakukan pelatihan dan pengenalan konsep bisnis online kepada para pelaku UMK nasabah ULaMM,” lanjutnya.

M. Lukman Rizal, Direktur Bisnis Mikro I PNM, menambahkan, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi digital, pola kehidupan masyarakat turut mengalami perkembangan.

“Untuk itu PNM mendorong nasabah ULaMM untuk melakukan transformasi, dari bisnis offline menuju bisnis online atau e-commerce,” tuturnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X