BCA Patok Pertumbuhan Kredit Moderat di 2014

Kompas.com - 05/03/2014, 17:33 WIB
BCA KONTANBCA
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatat pertumbuhan kredit sebesar 21,6 persen menjadi Rp 312,3 triliun pada tahun 2013. Namun demikian, perseroan mengaku tak pasang target pertumbuhan kredit yang tinggi pada tahun ini.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan setidaknya ada beberapa faktor yang melatari target penyaluran kredit perseroan tersebut.

"Pertama, ada pengarahan dari regulator, BI dan OJK, mengharapkan pertumbuhan kredit tahun 2014 tidak terlampau tinggi. Itu disebabkan kalau itu terus dipacu, di sisi lain likuditas pasar makin ketat. Itu bisa memacu overheating ekonomi dan suku bunga tak terkendali. Diharapkan perbankan menyeauaikan kondisi ini," kata Jahja di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Oleh karena itu, Jahja mengaku perseroan tidak memasang angka target pertumbuhan kredit yang fantastis untuk tahun 2014 ini, yakni antara 13 hingga 15 persen. Namun demikian, Jahja mengatakan pihaknya akan tetap mencermati kondisi makroekonomi, khususnya di kuartal II dan III.

"Pinjaman konsumen kita agak tahan diri, baik KPR dan KKB (kredit kendaraan bermotor) kita coba redam. Karena kalau terjadi sesuatu di ekonomi, sektor-sektor ini akan kena dampak. Kita coba slowdown, kita amati terus," jelas Jahja.

Portofolio kredit BCA terdiversifikasi dengan komposisi kredit korporasi sebesar 33 persen, kredit komersial dan UKM 39,2 persen, serta kredit konsumer 27,8 persen pada tahun 2013.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X